Pelanggan merupakan sumber pendapat sebuah usaha laundry. Untuk itu penting bagi owner untuk dapat terus memegang kepercayaan pelanggan laundry secara maksimal. Sehingga akan semakin banyak yang menggunakan jasa laundry anda.

Tak heran jika beberapa outlet laundry memiliki pelanggan setia sendiri. Dimana tentu outlet laundry ini sudah dapat memegang kepercayaan pelanggan laundry dengan baik. Anda pun dapat memiliki pelanggan setia pada outlet laundry anda.

Pelanggan yang menyerahkan pakaiannya untuk dicuci di outlet anda tentu sudah memberikan kepercayaannya untuk di laundry, sehingga anda harus menjaga pakaian customer dengan sebaik mungkin. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Beberapa Tips Memegang Kepercayaan Pelanggan Laundry

  1. Pastikan tampilan outlet selalu rapi dan bersih

Selalu menjaga kebersihan outlet merupakan salah satu hal yang penting untuk menciptakan kesan pertama yang baik kepada pelanggan yang baru datang. Apalagi di saat pandemi seperti ini, selalu sediakan hand sanitizer di meja kasir.

Perhatikan juga menata tempat laundry tata letak laundry, anda dapat berkreasi agar lebih nyaman bagi pelanggan. Hindari adanya tumpukan pakaian pelanggan secara acak karena akan mengurangi kepercayaan pelanggan laundry yang datang ke outlet anda.

  1. Memaksimalkan pelayanan kepada pelanggan

Langkah selanjutnya untuk memegang kepercayaan pelanggan laundry adalah dengan memberikan pelayanan yang maksimal. Setelah masuk ke outlet laundry, pelanggan akan langsung mendapat pelayanan laundry.

Gunakanlah kata-kata yang sopan dan berperilaku yang santun. Sehingga pelanggan merasa nyaman dan senang mendapat pelayanan yang baik. Perlakukanlah pelanggan dengan seramah mungkin dan selalu tersenyum kepada pelanggan.

  1. Berikan keleluasaan kepada pelanggan laundry

Berikan keleluasaan kepada pelanggan yang ingin menggunakan laundry anda. dimana anda dapat memberikan pilihan atau opsi-opsi yang dapat ditentukan langsung oleh pelanggan laundry. contohnya menentukan mana pakaian yang harus dipisah dan tidak.

Kenyataannya bahwa tidak semua pelanggan menyukai wangi yang sama. Sehingga anda dapat memberikan kepada pelanggan wangi mana yang lebih disukai agar pelanggan merasa mendapatkan keuntungan tersendiri dalam menentukan wangi deterjen maupun softener.

  1. Ontime! Perhatikan waktu pengerjaan laundry

Timing atau masalah waktu merupakan hal yang sangat penting untuk dipikirkan, dimana pelanggan tentu tidak ingin menunggu terlalu lama hingga pakaian yang di laundry selesai dan dapat diterima dalam keadaan bersih dan rapi.

Sehingga anda harus mempertimbangkan waktu pengerjaan. Berikan penjelasan dan estimasi waktu sesuai dengan service yang dipilih pelanggan. Waktu juga dapat menentukan harga yang ditawarkan kepada pelanggan.

  1. Perhatikan jam operasional laundry

Selanjutnya adalah memperhatikan jam operasional. Jika anda ingin mendapat keuntungan yang lebih banyak anda dapat membuka outlet anda mulai dari jam 7 pagi hingga jam 7 malam. Dimana rata-rata pengguna laundry merupakan orang-orang sibuk dan pekerja kantoran.

Untuk jam pengerjaan atau waktu bekerja karyawan tetap dapat disesuaikan misal 9 jam kerja atau sesuai kesepakatan. Sehingga waktu penerimaan laundry dan penyerahan laundrynya saja yang dapat ditambah.

  1. Lakukan upgrade penambahan layanan

Langkah terakhir dalam memegang kepercayaan pelanggan adalah dengan menambah atau upgrade layanan laundry anda. jadilah outlet laundry yang one stop shop, dimana seluruh pengerjaan laundry dapat dilakukan pada outlet laundry anda.

Untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan anda dapat menggunakan aplikasi kasir laundry. Saku Laundry menjadi salah satu aplikasi yang dapat dapat dimanfaatkan untuk membantu seluruh operasional laundry anda mulai dari menerima pesanan, menjalankan transaksi, memantau kinerja karyawan hingga menjalankan mesin laundry lewat aplikasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *