Pandemi telah melanda setahun lebih, tetapi sampai hari ini belum ada tanda-tanda bahwa pandemi akan usai. Berita di media televisi, internet, dan sumber-sumber yang lain mengatakan bahwa masih banyak terjadi lonjakan kasus positif Covid di beberapa daerah.

Kondisi seperti ini tentunya semakin meresahkan masyarakat. Banyak hal yang telah berubah di masa pandemi ini, salah satunya adalah proses belajar yang telah berubah dari tatap muka secara langsung menjadi online learning.

Apa Itu Online Learning?

Online learning adalah sistem pembelajaran tanpa bertatap muka secara langsung. Dengan menggunakan teknologi internet, software yang canggih, dan sistem informasi yang ada saat ini dimungkinkan untuk belajar secara online.

Online learning ada bermacam-macam bentuknya, ada online learning yang bertatap muka secara langsung dengan menggunakkan software meeting seperti Zoom, Google Meet, Microsoft Teams, dan lain sebagainya. Ada juga online learning yang sifatnya satu arah, yaitu materi pembelajaran sudah tersedia, mahasiswa tinggal mengunduh atau menontonnya secara online.

Kelebihan dan Kekurangan Online Learning

Tentunya online learning seperti ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Mari kita bahas tentang kelebihan dan kekurangan pembelajaran secara online seperti ini.

Mengurangi Interaksi Secara Langsung dengan Orang Lain

Tanpa perlu berangkat ke kampus, kuliah online dapat dilakukan, bahkan parah-parahnya, dengan tetap baring-baring di kasur pun tetap bisa mengikuti kuliah 🙂

Tentunya hal tersebut adalah kelebihan dan juga sekaligus menjadi kekurangan. Di masa pandemi, hal ini menjadi kelebihan karena bisa tetap menjaga protokol kesehatan, kita juga bisa menjaga agar tidak banyak berinteraksi secara fisik dengan orang lain.

Namun, kelemahan dari kurangnya interaksi ini adalah, sosialisasi kita dengan orang lain menjadi semakin kurang.

Biaya Internet yang Membengkak

Dengan mengikuti online learning, maka biaya internet yang kita keluarkan makin membengkak. Hal ini karena saat mengikuti Zoom meeting, maka data yang di transfer berbentuk video yang tentunya size paket nya juga akan semakin besar. Jika biaya bulananmu menjadi sangat besar, maka disarankan untuk berlangganan internet kabel agar tidak terbatas kuota.

Materi yang Bisa di Download dan Diputar Berulang-ulang

Karena materi yang diberikan adalah online, maka file materi tersebut dapat di download dan diputar berkali-kali. Hal ini akan membantu mahasiswa yang belum paham untuk lebih memahami karena video rekaman perkuliahan dapat dia putar jika belum paham.

Tingkat Keberhasilan Sangat Tergantung dari Mahasiswa

Memang proses pembelajaran itu tergantung dari mahasiswa itu sendiri, tetapi dengan kondisi yang serba online seperti ini, mahasiswa akan dituntut untuk lebih aktif dan juga kreatif dalam belajar.

Meskipun materi dapat di download dengan mudah, tetapi jika mengalami kesulitan, mahasiswa harus lebih aktif bertanya di kondisi yang serba online seperti sekarang ini.

Kebutuhan akan Perangkat yang Memadai

Online learning tentunya membutuhkan perangkat yang memadai. Selain paket internet, mahasiswa membutuhkan smartphone atau laptop yang mendukung untuk dilakukan online learning. Bagi mahasiswa yang berasal dari keluarga yang mampu tentunya tidak menjadi masalah. Sedangkan bagi mahasiswa yang kurang mampu ini menjadi masalah tersendiri, karena harus mencari cara agar tetap dapat mengikuti pembelajaran.

Demikian ulasan singkat tentang online learning yang saat ini kita semua sedang merasakannya, semoga bermanfaat.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *