Selama pandemi masih belum berakhir, proses perkuliahan masih akan dilakukan secara online. Baik itu menggunakan Zoom, Google Meet, Microsoft Team, ataupun menggunakan portal belajar online yang dimiliki masing-masing universitas, yang jelas pembelajaran masih dilakukan secara daring.

Salah satu portal belajar online universitas adalah yang dimiliki oleh UHAMKA, portal tersebut bisa diakses dengan menggunakan nama pengguna dan password yang telah dimiliki oleh mahasiswa.

Kuliah online memiliki tantangannya masing-masing, dari segi teknis misalnya, koneksi internet yang dimiliki dituntut untuk memiliki kualitas yang baik. Sinyal internet harus cukup kuat agar mampu melakukan streaming video kuliah online yang sedang dilakukan.

Hal yang Harus dihindari saat Melaksanakan Kuliah Online

Setelah memiliki perangkat yang mendukung untuk melaksanakan belajar online, tentunya mahasiswa bisa langsung ikut serta dalam pembelajaran online.

Tetapi, ada hal-hal yang harus dihindari saat melaksanakan kuliah online. Apa saja yang harus dihindari? simak penjelasannya di bawah ini.

Tidak Fokus Saat Melakukan Kuliah Online

Hal pertama yang tidak boleh dilakukan saat melakukan kuliah online adalah menganggap bahwa kuliah online tidak penting. Akhirnya mahasiswa menjadi tidak fokus dan meremehkan materi yang diberikan.

Meskipun, materi kuliah online bisa di download dan diputar ulang, tetapi mahasiswa harus tetap fokus agar bisa menyerap materi yang diberikan dengan baik.

Mengikuti Kuliah Sambil Tidur-Tiduran

Kuliah online dapat dilakukan dimana saja, di rumah, di kantor, di cafe, selama di tempat tersebut ada koneksi internet. Karena kemudahan inilah, kuliah online juga bisa dilakukan sambil tiduran. Alih-alih belajar, yang ada justru malah ngantuk dan ketiduran. Tentunya hal seperti harus dihindari ya.

Malu Bertanya Ketika Tidak Paham Materi

Malu bertanya adalah permasalahan klasik yang sering ditemui mahasiswa saat kuliah. Saat mengikuti kuliah secara daring, sebaiknya rasa malu bertanya ini dibuang jauh-jauh. Sistem pembelajaran online memang memaksa interaksi semakin jarang, akan tetapi ada fitur yang dapat mendukung kita untuk bertanya secara langsung. Fitur itu adalah fitur chatting, jika malu untuk bersuara, maka pertanyaan bisa diketikkan di chat, dan dosen yang membacanya dapat menjelaskan pertanyaan tersebut agar mahasiswa menjadi paham.

Lingkungan yang Tidak Kondusif

Maksud dari lingkungan adalah kondisi sekitar dimana kita melaksanakan kuliah online. Pastikan sekitar kita tidak dalam kondisi yang ramai, karena dapat mengganggu kita saat melaksanakan kuliah. Selain suara yang berisik, jika kita berbicara juga suara di dekat kita akan masuk juga ke mic sehingga tidak dapat didengar dengan jelas oleh para peserta meeting.

Jika memang kondisi rumah tidak kondusif, kamu bisa melaksanakan kuliah online di tempat lain, misalnya di cafe.

Nah, itu tadi beberapa hal yang harus dihindari saat melaksanakan kuliah online. Jika kuliah online dilakukan dengan sungguh-sungguh, maka kamu dapat memetik hasilnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *