Pengertian digital printing masih awam di masyarakat, meski sudah banyak yang menggunakan jasanya. Digital sendiri identik dengan hal-hal yang berbau teknologi. Di mana teknologi tersebut sangat mendukung bisnis percetakan.

Definisi Digital Printing

Mesin cetak digital bisa kita artikan sebagai metode percetakan digital dengan mengandalkan bantuan dari komputer untuk mengirimkan desain pada mesin cetak. Selanjutnya pesan itu dapat langsung disalin dalam media cetak yang telah dipilih. Pengertian lainnya adalah proses cetak gambar yang sudah didesain ke media fisik.

Sebuah terobosan baru dalam dunia percetakan, tentunya hal ini membawa dampak positif di berbagai sektor percetakan. Metode printing yang satu ini berbeda dengan offset printing yang merupakan metode pencetakan dengan menggunakan plat. Salah satu penyedia jasa digital printing adalah wellentprint.com

Perkembangan mesin cetak digital ini sebenarnya sudah mulai muncul di era 90an. Namun mendunia dan kepopulerannya baru terasa tahun-tahun belakangan ini. Fungsinya sudah sangat kompleks untuk mencetak media bahan semi plastik semacam banner, baliho, spanduk dan lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan

Kehadiran media cetak digital tentu sangat membawa keuntungan dan kemudahan untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat. Salah satunya karena mesin cetak digital bisa tersambung dengan komputer, akan menjadikan waktu pengerjaan jauh lebih singkat.

Mesin cetak digital bisa mencetak satu lembar untuk proofing sebelum mencetak massal. Karena pengoperasiannya yang tergolong mudah, mesin cetak digital bisa dikendalikan oleh siapa saja dan tidak membutuhkan tenaga ahli. Maka dari itu, tidak jarang yang semakin berbondong untuk investasi di bidang ini.

Hal tersebut ternyata membawa dampak terhadap persaingan yang semakin ketat. Di sisi lain, penggunaan digital printing ini ternyata masih terdapat kekurangannya, dimana bersumber dari pengeluaran yang lebih mahal ketimbang percetakan offset atau sablon.

Selain itu, mesin cetak digital yang berkembang lebih cepat menjadikan orang-orang, para pengusaha percetakan terutama, kewalahan mengejar omset untuk mengembalikan modal.

Beberapa Jenis Mesin Cetak Digital Populer di Indonesia

Kekurangan dari mesin cetak ditigal tidak lantas menjadikan peminatnya menurun. Oleh karena itu, kami akan membahas sekalian mengenai jenis digital printing yang populer di Nusantara.

Inkjet Printer

Mesin yang satu ini paling kerap Anda jumpai kemungkinan di rumah, kantor, atau usaha fotokopi. Printer ini juga biasa dimanfaatkan untuk bisnis kelas tengah, yakni membuat souvenir, cetak foto, hingga cetak undangan pernikahan.

Mesin Plotter

Plotter merupakan mesin cetak digital yang berfungsi untuk mencetak media dengan dimensi yang lebih lebar. Ada banyak merek yang sudah menyediakan mesin ini dengan varian ukuran yang berbeda. Media-media promosi adalah sebagian dari pemanfaatan mesin cetak digital ini.

Flatbed Printing

Jenis Digital Printing yang satu ini adalah mesin khusus untuk mencetak di media kaca, kayu, keramik, akrilik, dan media tebal lainnya. Mengandalkan tinta UV, menggunakan printer Flatbed untuk mencetak, pengeringan tidak perlu menunggu lama, namun gambar bisa bertahan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *