Dampak narkoba, rehabilitasi narkoba sangat penting untuk diketahui bagi seluruh kalangan. Narkoba mampu memberikan efek negatif bagi para pecandunya.

Hal tersebut tentu dapat merugikan serta memiliki efek yang buruk bagi kesehatan fisik ataupun mental. Oleh karena itu, bagi para pemakai atau pecandu narkoba penting untuk ditangani dengan cara direhabilitasi. Hal ini bertujuan agar para pecandu dapat bebas dari pengaruh dan efek negatif dari penggunaan narkoba.

Dampak Narkoba, Rehabilitasi Narkoba Bagi Pengguna

Peredaran serta dampak dari narkoba saat ini sungguh meresahkan masyarakat. Mudahnya untuk memperoleh barang haram tersebut membuat para penggunanya pun semakin meningkat. Bahkan, kecanduan barang terlarang ini tak mengenal usia, mulai dari muda hingga tua. Tentu saja, jika mereka telah mencicipinya.

Dampak Penggunaan Narkoba

Terdapat banyak sekali dampak penggunaan narkoba. Dampak negatif dari penyalahgunaan narkoba antara lain:

1. Halusinasi

Merupakan salah satu efek yang banyak dialami oleh para pengguna narkoba. Selain itu, pemakaian dalam dosis tinggi juga dapat menyebabkan gangguan kecemasan, mual, muntah serta rasa takut yang lebih tinggi. Jika pemakaian dalam jangka waktu yang lama, maka dapat mengakibatkan dampak yang lebih buruk lagi. Seperti depresi, gangguan mental, serta kecemasan yang terus menerus.

2. Menurunnya Tingkat Kesadaran

Penggunaan narkoba dalam dosis yang berlebih akan mengakibatkan kesadaran berkurang drastis. Dengan hilangnya kesadaran membuat koordinasi tubuh pun terganggu. Para pecandu akan merasa sering merasa bingung serta terjadi perubahan perilaku.

Dampak narkoba dengan risiko tinggi salah satunya hilangnya ingatan pada diri pemakai sehingga cukup sulit mengenali lingkungan sekitar. Bahkan, kondisi paling fatal adalah menyebabkan kematian.

3. Kualitas Hidup Memburuk

Dampak narkoba, tidak hanya berdampak buruk pada kondisi tubuh. Akan tetapi penggunaan obat-obatan berbahaya ini juga dapat berpengaruh dengan kualitas hidup, mulai dari susah berkonsentrasi, berbagai jenis masalah lainnya.

Manfaat Rehabilitasi Narkoba

Beberapa manfaat rehabilitasi narkoba bagi para pecandu narkoba antara lain:

1. Hidup Lebih Positif

Lingkungan rehabilitasi dapat memberikan dampak positif yang bisa membantu membebaskan seseorang dari kecanduan narkoba. Dengan berada di lingkungan yang positif tentu dapat mendorong perubahan perilaku bagi para pecandu narkoba.

2. Kesehatan Lebih Baik

Seperti yang kita ketahui bahwa dampak dari penggunaan narkoba sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Maka dengan dilakukannya rehabilitasi pecandu akan diajarkan pola hidup sehat, bahkan secara medis harus melakukan pemeriksaan kesehatan di laboratorium rumah sakit.

Ashefa Griya Pusaka

Ashefa Griya Pusaka adalah pusat rehabilitasi NAPZA (Narkotika, Psikotoprika, dan Zat Adiktif lainnya) yang berlokasi di Jakarta Selatan. Ashefa Griya Pusaka berkomitmen terhadap rehabilitasi medis dan juga sosial bagi korban penyalahgunaan NAPZA. Tidak hanya rehabilitasi medis, tetapi korban juga akan mendapatkan rehabilitasi sosial agar dapat mengembalikan kepercayaan diri ketika terjun kembali ke masyarakat.

Ashefa Griya Pusaka tidak hanya berlokasi di Jakarta saja, lokasi lain Ashefa Griya Pusaka juga ada di Sukabumi dan Cirebon. Beberapa tahapan rehabilitasi yang dilakukan oleh Ashefa adalah: Pemeriksaan kesehatan, Intake, Skrining, Asesmen, dan Konseling. Tiap-tiap tahapan diawasi oleh profesional di bidangnya sehingga dapat memberikan pelayanan yang maksimal.

Dampak narkoba, rehabilitasi narkoba sangat berpengaruh terhadap kesehatan dan keberlangsungan hidup seseorang. Baik kesehatan mental maupun spiritual. Para pecandu akan diajarkan mengendalikan emosi serta bagaimana cara mengatasi stress. Dengan demikian, kondisi pecandu pun akan lebih sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *