Cara mengatur keuangan pribadi sebenarnya tidak susah. Kebanyakan orang memiliki permasalahan dalam keuangan. Saat menerima gaji keinginan kita untuk membeli barang semakin tinggi. Hal ini membuat kita sulit untuk berinvestasi dan menabung untuk kesejahteraan yang akan dirasakan kelak.

Banyak orang yang memiliki penghasilan besar tetapi tidak memiliki tabungan. Hal ini dikarenakan jumlah tagihan dan utang lebih dari 60 persen penghasilan. Jika tidak bisa menata pendapatan serta pengeluaran keuangan bisa membuat kita stres hingga frustasi.

Maka dari itu, mengatur keuangan sangat penting untuk dipelajari dan hasilnya bisa dinikmati. Untuk memulai dengan cara sederhana terlebih dahulu sebelum ke tahap yang lebih sulit. Simak cara mengatur keuangan berikut ini.

Cara Mengatur Keuangan Pribadi

Pastinya kita berharap memiliki penghasilan yang besar, tapi hal terpenting adalah bagaimana cara menikmatinya bukan seberapa penghasilannya. Jika kita memiliki penghasilan besar tetapi tidak menjamin kesejahteraan hidup dan tidak bisa mengatur keuangan dengan baik, apa bisa membuat bahagia?

Masalah finansial pasti membuat kepala pusing dan susah tidur. Sebelum adanya masalah finansial semakin menumpuk, ada baiknya membenahi satu-persatu dengan sederhana serta melanjutkan ke tahap selanjutnya.

Mari simak cara mengatur keuangan pribadi yang akan membuat kesejahteraan hidup lebih baik.

Memiliki Catatan Keuangan Pribadi

Dengan adanya catatan keuangan pribadi akan membuat kita lebih mudah dalam mengatur keuangan. Catatan keuangan banyak memiliki kegunaan, hal ini cara paling dasar yang harus dilakukan. Keuangan pribadi akan berantakan dan tidak tertata dengan baik, jika kita mengawali langkah ini tidak dengan konsisten dan baik.

Dengan memiliki catatan, kita bisa mengetahui uang yang digunakan untuk pengeluaran apa saja. Untuk mencapai tujuan kita bisa mengetahui kekuatan keuangan dengan mencatat keuangan.

Buat Anggaran Bulanan

Untuk membuat anggaran, ada cara yang bisa dipakai yaitu 40-30-20-10. Ini memiliki maksud 40% untuk biaya pengeluaran sehari-hari, kemudian 30% untuk membayar cicilan jika memiliki, 20% pendapatan untuk menabung demi masa depan dan 10% bisa dialokasikan untuk donasi.

Membuat Dana Darurat Dari Tabungan Investasi

Dana darurat merupakan dana yang penting untuk mengantisipasi keadaan darurat. Ada banyak kejadian yang tidak bisa kita perkirakan. Berikut ini ini cara mengumpulkan dana darurat dari tabungan investasi.

Untuk yang belum berkeluarga perlu mengumpulkan sebesar enam kali pengeluaran perbulan. Jika yang sudah berkeluarga tetapi belum memiliki tanggungan, perlu mengumpulkan dana darurat sebesar 9 kali pengeluaran perbulan. Jika yang sudah memiliki tanggungan anak perlu mengumpulkan dana darurat sebesar 12 kali pengeluaran perbulan.

Dengan berinvestasi berarti secara tidak langsung anda telah belajar juga cara menjadi investor. Investasi akan anda petik hasilnya di masa yang akan datang.

Nah, itulah tadi cara mengatur keuangan pribadi yang sangat mudah dan bisa Anda lakukan sendiri. Berapapun penghasilannya usahakan untuk menyisihkan uang demi masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *