Sebelum  mengetahui cara pemasangan tube settler, sebaiknya Anda mengetahui apa itu tube settler terlebih dahulu. Apa itu tube settler? tube settler merupakan susunan selongsong yang memiliki kemiringan sekitar 60 derajat. Tube settler biasa digunakan pada industri pengolahan air bersih untuk meningkatkan kapasitas clarifier atau kolam pengendapan. Lalu bagaimana cara untuk memasang tube settler? Nah, untuk mengetahui cara pemasangannya sebaiknya simak ulasan di bawah ini.

Berikut Ini Cara Pemasangan Tube Settler

Untuk memasang tube settler diperlukan beberapa alat untuk perakitannya. Siapkan semua peralatan utama dan peralatan pembantu supaya Anda dapat dengan cepat memasang tube settler. Beberapa peralatan untuk memasang tube settler yang harus Anda siapkan adalah

  • Paku rivet atau jenis paku yang terbuat dari stainles steel atau aluminium. Pastikan paku yang akan digunakan terbuat dari bahan anti karat
  • Tang rivet untuk membantu pada saat proses pemasangan
  • Bor tangan, nantinya akan dibunakan untuk melobangi plat settler
  • Alat penjepit plat settler

Nah setelah beberapa peralatan diatas sudah Anda siapkan, lalu lanjut pada proses pemasangan tube settler.

Cara dan Tahap pemasangan Tube Settler

Cara pemasangan tube settler tidak akan memakan waktu yang lama apabila peralatan Anda lengkap. Mungkin hanya akan memakan waktu beberapa menit saja. Berikut ini cara pemasangan tube settler dan lamella Clarifier.

1. Siapkan Plat Settler

Tahap pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan plat settler sesuai dengan yang dibutuhkan. Pastikan bahan Anda sesuai dengan perhitungan desain bak penampungan atau pengolahan air.

2. Susun Lamella Gravity Settler Satu Persatu

Tumpuk satu persatu dan pastikan bagian kemiringan sesuai dengan potongan. Kemudian buatlah lubang pada bagian yang akan direkatkan menggunakan bor tangan. Pastikan Anda menggunakan alat pengaman supaya dapat mengurangi tingkat kecelakaan.

3. Pasang Paku Rivet Pada Lamella Water treatment

Setelah settler sudah selesai Anda lubangi menggunakan bor, masukkan paku rivet ke lobang tersebut dan tekan sampai rivet dapat terpasang dengan kuat.

4. Bentuk Tube Settler Menjadi Balok yang Menyerupai Sarang Tawon

Setelah beberapa proses sudah selesai, saatnya menyusun tube settler menjadi balok yang menyerupai sarang tawon air limbah. Biasanya setiap balok berisi 8-10 plate settler, bertujuan supaya dapat dengan memudahkan proses pemasangan.

5. Siapkan dudukan Untuk Memasang Lamella Plate Settler

Pastikan Anda membuat pondasi dengan jarak kurang lebih sekitar 1 meter agar dapat memudahkan proses pemasangan.

6. Proses Terakhir

Saat ingin melakukan pemasangan sebaiknya cek kondisi tube dengan baik dan susun masing-masing tube secara berurutan dari depan hingga belakang.

Cara pemasangan tube settler yang benar tersebut di atas bertujuan agar lebih efektif. Namun, untuk terjamin tidak ada kesalahan, sebaiknya gunakan jasa tukang profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *